Aku ingin jadi YB - 2

March 04, 2008

Setelah kita tau ciri-ciri seorang pemimpin, kita nak kena tau pulak pemimpin yang macam mana yang kita nak jadi? Isk style memimpin hak lagu mana yang kita rasa sesuai dan selesa kepada kita. Yang boleh menambat hati rakyat dan juga orang yang di bawah kita. Walaupun aku tak paham semua ni, tapi masih boleh memberi pengetahuan pada ku, dan lagi aku perlu tambah lebih banyak pengetahuan lagi kan? Hmm nampak gayanya makin panjang angan-angan aku ni... tak pa.. tak pa.. aku akan terus cari maklumat macam mana nak jadi YB ni..

Jenis Helikopter

Jenis ini sangat memperhatikan kebutuhan anak buah. Ia sangat sosial, tidak tergesagesa, sabar dan telaten membantu orang lain serta berkesan akrab terhadap semua orang. Pemimpin ini amat terbuka, tdak takut dijatuhkan oleh pihak lain dan tidak mempunyai ambisi untuk membubung tinggi mau pun bergerak cepat. Namun ia dapat melakukan dengan seketika itu jika keadaan amat memaksa. Sebagai pemimpin, ia sanggup mengorbankan dirinya.

Jenis Kapal Induk

Ia suka menghimpun kekuasaan dalam satu tangan, sebagai induk komando. Untuk melindungi kekuasaan komandonya, ia membangun klik yang kuat di sekelilingnya. Ini ibarat kapal induk yang dilindungi dan dikelilingi oleh puluhan kapal perang, pesawat tempur dan pesawat pengintai. Pemimpin ini sangat percaya kepada keampuhan jumlah banyak dan cenderung menggertak lawannya dengan kekuasaan dan kekuatannya. Ia memerlukan beaya besar untuk melestarikan kepemimpinannya.

Jenis Kapal Selam

Jenis ini tidak suka menonjolkan diri, suka bekerja keras dan pengamat yang baik. Tiba-tiba saja ia dapat mengeluarkan ide yang spektakuler, ibarat kapal selam yang meluncurkan peluru kendali antarbenua. Biasanya ide yang diluncurkan tepat dan cermat. Ia juga mempunyai daya tahan yang kuat, tdak mudah menyerah walau pun dibombardir dengan segala kritik dari permukaan laut. Jika sudah mempunyai suatu misi, apa pun yang terjadi harus jalan terus.

Jenis LST

Jenis ini gemar membagikan pekerjaan kepada bawahan, juga bantuan. Ia beranggapan pekerjaan telah selesai setelah dibagikan. Beres atau tidak bukan lagi menjadi tanggung jawabnya. Tidak bisa diharapkan inovasi dan daya cipta darinya.

Jenis Pesawat AWACS

Ia mempunyai rasa curiga yang besar, amat cermat dalam mengambil keputusan. Mungkin ini juga mencerminkan rasa kurang percaya diri. Jenis ini menyukai ilmu pengetahuan, suka mengumpulkan data, namun terkadang justru dibuat bingung oleh keanekaragaman data yang dikumpulkannya sendiri. Inilah jenis pemimpin teknokrat yang lebih akrab dengan angka dibandingkan manusia. Mereka kurang erani mengambil risiko.

Jenis Pesawat Ulangalik

Pandai memanfaatkan potensi anak buah untuk kepentingan sendiri. Setelah sukses diraih, dia akan melepas dan meninggalkan anak buahnya. Ibarat pesawat ulangalik, setelah keluar dari orbit Bumi akan melepaskan roket pendorongnya dan membiarkannya tercebur ke laut. Roket pendorong ini kelak akan dipakai lagi hanya jika dibutuhkan. Pemimpin jenis ini lebih sering menganggap anak buah sebagai alat ketimbang sebagai mitra kerja.

Jenis Pesawat V/STOL

Jenis ini suka berakrobat dan boros. Hanya untuk lepas landas sebagai pemimpin pun ia perlu menghamburkan banyak bahan bakar. Memang cara lepas landasnya bergaya, sangat memukau, tetapi membutuhkan banyak beaya. Ia juga sangat pandai berkelit. Pada mulanya ia sebagai pihak yang ditekan, namun kemudian dapat meloloskan diri dan mampu menekan balik. Jenis ini berwatak plintat-plintut, suka mendarat di mana pun, sepanjang tempat itu menguntungkan dirinya. Namun ia memang hebat, karena mengangkat dirinya dengan kemampuan sendiri.

Jenis Tank

Jenis ini menyukai jalan pintas, tidak perduli berlumpur atau penuh lobang. ia sangat kaku dan keras. Semua rintangan diterjangnya jika menghalangi ambisinya. Dia ulet dan suka mencapai karier dengan merangkak perlahan dari bawah. Untuk melindungi anak buahnya, ia suka bertindak sebagai perintis. Ia pandaimenyesuaikan diri dalam segala medan, di darat atau di laut, apalagi di jalan mulus ia akan melaju kencang. Tahan banting adalah ciri lainnya.

Dipetika dari : Ksatrian

You Might Also Like

0 comments